Tips Melamar Pekerjaan Yang Efisien dan Efektif

Tips Melamar Pekerjaan Yang Efisien dan Efektif

Mencari kerja melalui internet sebenarnya lebih murah, cepat dan efisien. Coba Anda hitung, berapa uang yang harus Anda keluarkan jika mencari kerja melalui kantor pos, misalkan mengirim 100 lamaran?. Paling tidak Anda harus mengeluarkan sekitar Rp 5.000 per surat atau Rp 500.000 untuk 100 surat lamaran untuk perangko, amplop, foto dan biaya fotokopi. Sedangkan jika mengirim 100 lamaran kerja melalui internet paling-paling hanya menghabiskan dana sekitar Rp 5.000 s.d. Rp 10.000 saja dan hanya butuh waktu yang singkat. Anda tinggal menunggu jawaban dengan cara mencek e-mail seminggu dua kali saja. Anda Beruntung jika perusahaan memanggil Anda.

Ikuti tips melamar pekerjaan yang efisien dan efektif berikut ini:



  1. Siapkanlah pasfoto anda ukuran 3 cm x 4 cm atau 4 cm x 6 cm berwarna ataupun hitam putih. Foto tersebut harus Anda scan dengan nama file FotoNamaAnda.JPEG.
  2. Siapkan pula KTP yang sudah Anda scan bolak-balik dengan nama KTP NamaAnda1.JPEG dan KTPNamaAnda2.JPEG.
  3. Silahkan buka link-link lowongan kerja. Catat alamat e-mail perusahaan tersebut di Word yang ada di komputer Anda atau catat di selembar kertas. Catatlah alamat e-mail hingga 100 alamat.
  4. Buatlah Formulir Surat Lamaran Kerja dan Formulir Daftar Riwayat Hidup anda.
  5. Buka e-mail Anda.
  6. Tulis satu alamat e-mail di baris To: pada e-mail Anda. Copy 24 alamat e-mail lain di baris Cc: Buat empat e-mail yang masing-masing berisi 25 alamat e-mail. Jangan sampai lebih dari 25 e-mail karena akan dianggap e-mail spam dan akan ditolak oleh ISP anda. Jangan lupa mengisi Attachment: dengan hasil scan foto dan KTP Anda. Boleh juga disertakan scan ijasah terakhir Anda.
  7. Kirimkan e-mail tersebut.
  8. Lakukan cek e-mail minimal seminggu dua kali sekaligus mengirim lagi 100 lamaran kerja tiap kali proses.
  9. Jika ada panggilan, silahkan Anda datangi perusahaan tersebut sambil membawa foto segala macam ukuran dalam jumlah yang cukup, KTP asli dan ijasah asli anda.
  10. Jika suatu saat ditanya berapa gaji yang Anda minta, Anda harus menyebutkan angkanya. Jangan sesekali menjawab 'Terserah Bapak/Ibu'. Sesuai standar dan ketentuan yang berlaku di perusahaan Bapak/Ibu”. Sekali lagi, sebut angka yang pantas (jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi).
  11. Jangan pilih-pilih cari kerja. Yang penting dapat kerja sambil mendapatkan pengalaman. Jadi salesman/sales girl tidak masalah (apapun latar belakang pendidikan Anda). Walaupun Anda sudah bekerja, Anda jangan lupa mencari kerja terus dengan gaji dan tunjangan yang lebih tinggi. Jika dapat yang lebih baik, tinggalkan tempat kerja Anda yang lama.

No comments:

Post a Comment